SOPREMA 2017 Targetkan Partisipasi Pemuda dari 34 Provinsi

Yogyakarta – Kompetisi dan Expo Sociopreneur Muda Indonesia (SOPREMA) siap mengajak para sociopreneur muda Indonesia untuk kembali memberikan kontribusinya. Dengan mengusung tema Express Your Creative Passions, Dr. Hempri Suyatna, Direktur Pelaksana SOPREMA 2017 mengatakan,”SOPREMA ingin lebih memperluas daerah cakupan. Jika tahun lalu 22 provinsi, tahun ini harapannya ke 34 provinsi di Indonesia bisa ikut berpartisipasi.”

Perbedaan SOPREMA 2017 dari tahun lalu terletak pada kategori kompetisi. SOPREMA 2017 membagi kategori kick off yaitu untuk peserta yang memiliki usaha berusia kurang dari satu tahun dan start up untuk peserta dengan usaha berusia satu sampai tiga tahun dan menghasilkan produk. Tahun lalu, SOPREMA hanya membuka pendaftaran bagi bisnis sosial dengan usia paling lama satu tahun. Adanya kategori start up tersebut dilakukan untuk mengakomodasi antusiasme peserta SOPREMA tahun lalu untuk kembali mengikuti SOPREMA 2017.

Di tahun 2016, SOPREMA telah berhasil melahirkan enam jawara sociopreneur dari berbagai daerah, diantaranya: Nilam Socio Enterprise dari Daerah Istimewa Yogyakarta, Indotani Makmur dari Jawa Tengah, Najah dari Kalimantan Barat, Jambi Youth Movement dari Jambi, Sosis Ciluba dari Jawa Timur, dan pemberdayaan ibu tunggal kepala keluarga oleh Fenny Ferawati dari Jawa Tengah.

Hingga saat ini keenam jawara telah mengalami kemajuan yang cukup signifikan. Nilam Socio Enterprise kini sudah memiliki mesin untuk produksi minyak Nilam sendiri dan membeli bibit Nilam untuk diberikan kepada desa di Riau, yaitu Desa Rana Air Tiris dan Desa Bukit Indah. Indotani Makmur juga sudah mulai memproduksi, telah menyelesaikan pembangunan toko yang akan dibuka pertengahan bulan ini, dan aktif dalam penggerakan petani. Sedangkan Tim Najah sejauh ini telah berhasil melakukan pemasaran sirup mereka, bahkan kini permintaan juga datang dari luar wilayah Kalimantan Barat. Bahkan mereka telah mengontrak rumah produksi di Pontianak dan mulai mencoba untuk merambah pasar modern.

Tak mau ketinggalan, selama dua bulan ini, Jambi Youth Movement telah mengantongi pesanan sebanyak 20-30 pieces untuk produk batik mereka. Mereka juga akan launching website resmi mereka tanggal 19 Maret nanti. Selain itu juga ada Fenny Ferawati yang telah memiliki aplikasi sewain.id untuk meningkatkan semangat menulis para ibu tunggal kepala keluarga.

Syaqieb, Koordinator IT Nilam Socio Enterprise menunjukkan bibit nilam berusia satu bulan.

Banyak sekali manfaat dan pengalaman yang bisa didapatkan dari ajang kompetisi dan expo SOPREMA. Hal ini pun diakui oleh beberapa jawara tahun lalu. “Soprema adalah ajang kompetisi sociopreneur muda tingkat nasional yang sangat bergengsi. Salah satu ajang kompetisi terbaik di tanah air yang memberikan pendanaan secara utuh selama kegiatan. Dari SOPREMA, saya banyak mendapatkan ilmu lewat kegiatan coaching clinic bersama para mentor-mentor hebat lainnya,” kata M. Gazalisman dari Nilam Socio Enterprise.

Hal serupa juga diutarakan oleh Asep Ramadhan dari tim Najah,“Kegiatan SOPREMA keren, megah, sistematik, coaching expert banget, narasumber dan materinya juga berkualitas.” Jawara asal Jawa Tengah, Indotani Makmur juga mengatakan bahwa mereka merasa bangga dan bersyukur karena selain mendapatkan pengalaman yang tidak bisa dilupakan dari kompetisi SOPREMA, mereka juga mendapatkan mentoring bisnis dari para ahli.

Belajar dari pengalaman tahun lalu, peserta diharapkan mampu menunjukkan hasil karyanya dengan tema yang berimbang. “Tahun ini kami lebih spesifik untuk mengambil tema industri kreatif dan ketahanan pangan. Harapannya, peserta di kedua bidang ini bisa berimbang, tidak seperti tahun lalu yang lebih dominan di industri kreatif. Selain itu, kami ingin peserta mampu menunjukkan produk yang telah dihasilkan, bukan hanya sekedar ide,” kata Dr. Hempri Suyatna. Sebagaimana tahun lalu, pendaftaran kepesertaan SOPREMA 2017 dilakukan melalui situs web http://soprema.fisipol.ugm.ac.id.

Pada tanggal 21 Maret 2017, SOPREMA akan mengadakan konferensi pers dan mendemonstrasikan simulasi pendaftaran kepesertaan di web SOPREMA UGM. Narasumber yang akan hadir pada Konferensi Pers tersebut adalah Rektor UGM, Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc. Ph.D. dan Dekan Fisipol UGM, Dr. Erwan Agus Purwanto, M.Si. Selain itu, juga akan hadir perwakilan dari Kementrian Pemuda dan Olahraga, Bank Rakyat Indonesia, dan juga jawara SOPREMA 2016 asal Boyolali, Indotani Makmur. (*)